Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ 13 Manfaat Bengkoang Untuk Ibu Hamil

 

√ 13 Manfaat Bengkoang Untuk Ibu Hamil


Info.hikamfajri.my.id - Pernahkah Anda makan bengkoang saat hamil? Semua ibu hamil harus mencicipi bengkoang karena biasanya digunakan sebagai campuran buah dalam hidangan rujak. Makanan khas ini menjadi menu favorit ibu hamil memasuki trimester pertama. Banyak ibu hamil yang meredakan mual dengan makan buah seperti bengkoang. Bagi ibu hamil, menjauhi bengkoang saat memasuki trimester pertama tentunya akan sulit. Bengkoang tidak hanya menyegarkan, tetapi juga mengandung banyak sumber mineral dan vitamin. Namun semua ibu hamil selalu ingin mengonsumsi makanan yang sehat dan aman bagi janin. Apakah Bengkoang Aman Untuk Ibu Hamil?


Saat hamil, keluarga, teman atau tetangga akan memberlakukan berbagai larangan pada ibu hamil. Beberapa orang juga melarang makan buah Bengkoang, tetapi apakah larangan ini harus diikuti? Bengkoang adalah buah yang menyegarkan, kaya akan mineral dan vitamin. Berikut ini adalah fakta bahwa bengkoang bermanfaat bagi ibu hamil.


Manfaat Bengkoang Untuk Ibu Hamil


1. Sumber daya untuk ibu hamil


Bengkoang mengandung gula yang cukup banyak. Jenis gula yang dimiliki bengkoang sangat baik untuk ibu hamil. Gula alami dari buah ini bisa menjadi sumber energi dan menguatkan tubuh ibu hamil. Gula juga merupakan konsumsi yang dapat menunjang kesehatan ibu hamil. Gula merupakan makanan sehat untuk ibu hamil yang penting untuk produksi energi serta produksi karbohidrat dan protein.


2. Mendukung pertumbuhan tulang janin


Manfaat bengkoang untuk ibu hamil dan janin mengandung mineral kalsium yang sangat penting. Manfaat kalsium bagi ibu hamil sangat dibutuhkan untuk pembentukan jaringan dan sistem rangka janin. Selain itu, asupan kalsium yang cukup juga akan membantu dalam pertumbuhan gigi bayi. Wanita hamil juga membutuhkan kalsium untuk membantu proses penyerapan vitamin D.


3. Sirkulasi darah pada wanita hamil


Bengkoang merupakan sumber kalsium yang sangat baik untuk ibu hamil. Saat wanita hamil membutuhkan lebih banyak sel darah dibandingkan wanita yang tidak hamil. Suplai darah yang baik juga akan berpengaruh pada kesehatan ibu hamil dan janin.


4. Mendukung proses perkembangan otot janin


Janin membutuhkan kalsium yang cukup untuk membentuk sistem kerangka dan saraf. Proses ini terutama terjadi saat janin memulai istilah pertama dan kedua. Asupan kalsium yang didapat dari manfaat bengkoang untuk ibu hamil sangat efektif dalam mendukung pembentukan sistem saraf, sinyal saraf, otot jantung, dan kesehatan tubuh.


Baca juga :


5. Mengatasi gangguan pencernaan


Masalah pencernaan sebenarnya merupakan salah satu gangguan kehamilan di awal semester pertama. Sembelit biasanya merupakan kondisi yang sangat umum. Ibu hamil bisa makan berbagai jenis sayur dan buah untuk mengatasi masalah pencernaan. Namun, bengkoang ternyata juga efektif untuk mengatasi masalah ini. Bengkoang mengandung serat dengan kandungan inulin yang cukup tinggi. Studi tersebut menemukan bahwa inulin mampu meningkatkan fungsi usus, mengatasi sembelit, dan melancarkan peredaran darah di saluran pencernaan.


6. Menjaga Imunitas


Banyak wanita hamil mengalami masalah imunitas. Wanita hamil lebih rentan terkontaminasi kuman dan bakteri. Terkadang ibu hamil juga merasa sangat lelah meski tidak banyak beraktivitas.


Untuk mengatasinya, ibu hamil bisa mengkonsumsi bengkoang yang ternyata mengandung antioksidan dan vitamin C. Kedua jenis zat ini berperan sangat penting dalam menjaga daya tahan tubuh. Selain itu bengkoang juga sangat baik untuk ibu hamil yang mengalami gangguan kolesterol berlebih selama kehamilan. Sangat disarankan untuk makan 1 buah bengkoang ukuran sedang untuk menurunkan kolesterol darah. Hal tersebut juga dibuktikan dengan konsumsi buah-buahan untuk ibu hamil yang sehat.


7. Mengatasi sakit perut


Saat ibu hamil memasuki trimester pertama, biasanya mereka menghadapi beberapa kendala seperti mual dan muntah. Terkadang ada ibu hamil yang tidak bisa makan sama sekali yang menyebabkan sakit perut. Sakit perut bisa disebabkan oleh masalah pada organ perut atau karena terlalu banyak asam lambung.



Khasiat bengkoang untuk ibu hamil memiliki sifat yang sangat baik menetralkan dan mendinginkan lambung. Ibu hamil bisa mengkonsumsi bengkoang untuk mengobati sakit perut dan mual saat hamil.


8. Menjadi sumber vitamin B kompleks


Semua ibu hamil membutuhkan vitamin B kompleks untuk menunjang kesehatan tubuh dan janinnya. Bengkoang bisa menjadi camilan sehat yang kaya vitamin B. Vitamin B bagi ibu hamil sangat penting terutama untuk kesehatan ibu hamil dan produksi sel darah merah. Wanita hamil membutuhkan vitamin B kompleks dalam dosis penuh untuk mendukung perkembangan neurotransmitter dan sistem saraf di otak janin.


9. Membantu membentuk sistem saraf janin


Bengkoang merupakan buah segar murah yang memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. Salah satunya adalah asam folat yang dibutuhkan untuk membangun sistem saraf bayi. Asupan asam folat yang cukup berperan sebagai nutrisi ibu hamil untuk mencegah terjadinya cacat otak pada bayi. Konsumsi bengkoang pada trimester pertama kehamilan sangat baik untuk ibu hamil.



10. Tidak mengandung lemak


Salah satu hal yang paling ditakuti ibu hamil adalah masalah berat badan. Wanita hamil biasanya menambah berat badan sebelum melahirkan. Ini diperlukan untuk menciptakan tubuh yang nyaman bagi bayi dan mempersiapkan kelahiran. Tetapi banyak wanita hamil mengalami kesulitan kehilangan lemak setelah melahirkan.


Manfaat bengkoang untuk ibu hamil sebenarnya bisa menjadi camilan yang cukup ringan dan menyehatkan selama hamil, tanpa takut obesitas. Bengkoang bebas lemak dan juga sangat rendah kalori. Sehingga bengkoang bisa menjadi camilan yang sehat.


11. Meningkatkan kesehatan jantung


Manfaat penggunaan bengkoang bagi ibu hamil yang selanjutnya bertujuan untuk meningkatkan kesehatan jantung. Bengkoang mengandung banyak nutrisi yang menjadikannya pilihan yang bagus bahkan selama kehamilan untuk meningkatkan kesehatan jantung.


Bengkoang mengandung serat makanan larut dalam jumlah tinggi, yang dapat membantu menurunkan kolesterol dengan mencegah empedu diserap kembali di usus, dan juga dengan mencegah hati memproduksi lebih banyak kolesterol.


Sebuah tinjauan terhadap 23 studi di National Information and Health menemukan bahwa meningkatkan asupan serat secara signifikan menurunkan kolesterol total dan kolesterol jahat LDL.



Bengkoang juga mengandung potasium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan cara merelaksasi pembuluh darah.


Selain itu, bengkuang juga dapat meningkatkan sirkulasi karena mengandung zat besi dan tembaga yang penting untuk kesehatan sel darah merah. Satu cangkir mengandung 0,78 mg zat besi dan 0,62 mg tembaga.


Pada orang dewasa yang sehat, mengonsumsi 16,6 ons atau 500 ml jus bengkuang akan mengurangi risiko penggumpalan darah, yang juga bermanfaat bagi ibu hamil.


12. Mengatasi anemia


Anemia sangat rawan menyerang ibu hamil. Anemia sangat berisiko bagi ibu hamil karena dapat menyebabkan gangguan perkembangan janin dan kelahiran prematur. Bengkoang merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung zat besi untuk mencegah dan mengobati anemia pada ibu hamil.


13. Mencegah dehidrasi


Manfaat menggunakan bengkoang untuk ibu hamil antara lain mencegah dehidrasi. Bengkoang mengandung cukup air, jadi ada baiknya untuk menambah kebutuhan cairan Anda selama kehamilan. Bengkoang sangat ideal dikonsumsi pada trimester awal untuk mengatasi gejala morning sickness.


Itulah beberapa manfaat buah bengkoang untuk ibu hamil. Semoga ulasan informasi yang kami bagikan mengenai manfaat bengkoang untuk ibu hamil dapat menginspirasi dan membantu kita semua.

Hikam Fajri ®
Hikam Fajri ® Gue Hikam Fajri orangnye suka ngopi. Hehe... Jika ada pertanyaan, kritik, atau saran bisa langsung hubungin gue ke alamat Email [email protected]

Posting Komentar untuk "√ 13 Manfaat Bengkoang Untuk Ibu Hamil"

Berlangganan via Email