Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5+ Pertanyaan Seputar Ibu Hamil

Wanita adalah pasangan pelengkap bagi pria dalam menjalani hidup yang diproses melalui pernikahan. Ketika sudah menikah pasutri itu akan menginginkan keturunan atau lahirnya seorang anak maupun lebih, sebelum melahirkan pasti melalui proses kehamilan. Dalam proses kehamilan ini ada beberapa pertanyaan yang sering muncul dalam pikiran seorang bumil, berikut pertanyaan-pertanyaannya ;

5+ Pertanyaan Seputar Ibu Hamil



  1. Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Mie Instan?


Makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil secara langsung dan tidak langsung dapat memengaruhi pertumbuhan janin. Kandungan garam atau sodium yang tinggi pada mie instan dapat memicu terjadinya hipertensi. Saat hamil, peningkatan tekanan darah dapat berbahaya bagi ibu maupun janin.



Tidak ada literatur pasti yang menjelaskan seberapa sering ibu hamil boleh mengonsumsi mie instan. Jika ibu hamil sangat ingin menikmati mie instan, boleh saja, asalkan tidak terlalu sering. Bila ingin makan mie instan, berikut ini beberapa tips yang dapat Bumil lakukan dalam mengolah mie instan agar lebih sehat:


  • Kurangi jumlah bumbu yang dipakai. Gunakan setengahnya atau Anda bisa membuat bumbu sendiri.

  • Tambahkan protein, seperti telur, seafood, atau daging.

  • Tambahkan sayuran, seperti wortel, tomat, sawai, brokoli, atau bayam. Pastikan semuanya harus dimasak hingga matang.


Mie instan merupakan makanan olahan. Oleh karena itu, konsumsinya harus dibatasi. Makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil adalah makanan yang sehat dan alami. Semua ibu pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya, 'kan? Jadi, perhatikan apa yang Bumil makan, karena semua yang dikonsumsi ibu hamil akan mempengaruhi bayi di dalam kandungan. (dr. Dina Kusumawardhani)


  1. Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Kopi?


Saat hamil, ada beberapa makanan dan minuman yang memang harus dibatasi asupannya. Semua makanan dan minuman yang mengandung kafein di dalamnya,  contoh teh, coklat, minuman ringan, minuman berenergi adalah minuman yang batasannya harus diperhatikan pada ibu hamil. Cek dan baca petunjuk informasi kemasan baik-baik sebelum ibu hamil mengonsumsinya.


BabyCenter menganjurkan maksimal adalah 200 mg kafein jika Anda ingin minum kopi saat hamil. Ini setara dengan dua cangkir kopi instan untuk satu hari. 



Hal ini juga bisa disesuaikan dengan petunjuk kemasan pada makanan dan minuman yang akan Anda makan. Berikut contoh petunjuknya:


  • 80 mg kafein setara dengan sekaleng minuma berenergi

  • 140 mg kafein setara dengan secangkir kopi saring.

  • 60-80 mg kafein sama dengan secangkir kopi instan.

  • 40 mg kafein terkandung dalam sebotol soda.

  • 10-50 mg kafein ditemukan dalam secangkir teh.

  • 50g cokelat biasanya mengandung 25-50 mg kafein.


Minum kopi saat hamil memang tidak dilarang, namun perlu diperhatikan asupan kafein yang masuk ke dalam tubuh. Untuk itu, perhatikan kandungan kafein dalam teh, kopi, cokelat dan makanan lain yang tertera pada kemasan.


Jangan sampai konsumsi kafein melebihi batas toleransi bagi ibu hamil. Jika Anda terbiasa mengonsumsi lebih dari dua cangkir kopi per hari sebelum hamil, Anda bisa beralih ke minuman jenis lain yang pastinya tidak mengandung risiko kafein dan lebih sehat baik untuk Anda maupun janin. Disarankan untuk mengurangi asupan kopi saat hamil. Perbanyak minum air putih serta makan-makanan bergizi lainnya untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. (Novita Joseph)


  1. Apa Penyebab Ibu Hamil Bisa Mengalami Depresi?


Depresi saat hamil tidak terjadi begitu saja tanpa sebab. Secara umum ada beberapa hal yang menyebabkan kondisi ini.


  • Masalah dengan pasangan karena pekerjaan di rumah atau perselisihan lainnya. Kondisi ini menyebabkan wanita hamil menjadi depresi akut dan akhirnya merasa sendirian.

  • Memiliki riwayat depresi dari orang tua seperti ibu di masa lalu yang sama-sama depresi saat hamil. Meski tidak selalu, peluang ini cukup besar untuk memicu kondisi depresi saat hamil.

  • Pernah mengalami keguguran sebelumnya atau berkali-kali. Kondisi ini menyebabkan wanita jadi suka panik saat hamil. Kondisi panik berlebihan ini justru berbahaya untuk kesehatannya.

  • Ada komplikasi pada kehamilan.

  • Pernah mengalami trauma atau kekerasan saat sedang hamil. (Redaksi DokterSehat)


  1. Benarkah Ibu Hamil Tidak Boleh Tidur Siang?


Bagi ibu hamil, tidur siang merupakan cara yang tepat untuk beristirahat dan sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjaga kondisi bayi yang sedang dikandung. (hamilplus.com)


  1. Jam Berapa Ibu Hamil Harus Bangun Pagi?


Sebenarnya bagi ibu hamil yang merasakan waktu kurang tidur, terutama ketika malam hari begadang dan mengalami kecemasan. Tidak ada masalah apabila anda harus tidur pagi hal tersebut. Mungkin akan mengganggu kondisi fisik anda ataupun perasaan kurang tidur yang beralih pada bentuk lain. Seperti mual dan muntah. Namun sebenarnya para ibu hamil diperbolehkan untuk tidur pagi hari bahkan mulai dari jam 7 pagi. Ada beberapa jam yang harus ditentukan untuk para ibu agar bisa beristirahat setelah mengalami gangguan tidur. Selengkapnya lihat disini.


  1. Bolehkah Ibu Hamil Makan Pedas?


Makanan pedas tidak membahayakan janin dalam kandungan, namun meskipun demikian makanan pedas bisa mempengaruhi si ibu hamil.  Sementara mungkin banyak wanita hamil yang bisa mentolerir makanan pedas tanpa masalah, namun bagi yang lain bisa menyebabkan mulas atau berbagai masalah pencernaan lainnya. Makanan pedas mungkin bisa memperburuk kondisi morning sickness, terutama yang tidak perutnya tidak mampu menerima rempah atau bumbu tertentu terutama yang pedas seperti cabe rawit atau merica. Perlu diketahui juga bahwa ibu hamil perlu mengkonsumsi bermacam makanan sebagai bagian dari diet seimbang selama kehamilan, yaitu untuk memastikan bahwa ibu hamil dan bayi menerima nutrisi yang sangat di butuhkan.


Para pakar medis sepakat bahwa makanan yang pedas masih aman  dikonsumsi selama kehamilan. Makanan pedas tidak akan membahayakan bayi, bahkan mungkin justru membantu bayi untuk mengembangkan rasa untuk rempah-rempah tertentu untuk kemudian hari setelah tumbuh dewasa. (carakhasiatmanfaat.com)


Mungkin itu saja yang bisa saya rangkum seputar pertanyaan ibu hamil dari berbagai sumber. Sekian, semoga bermanfaat.



Oleh : Hikam Fajri



Hikam Fajri ®
Hikam Fajri ® Gue Hikam Fajri orangnye suka ngopi. Hehe... Jika ada pertanyaan, kritik, atau saran bisa langsung hubungin gue ke alamat Email [email protected]

Posting Komentar untuk "5+ Pertanyaan Seputar Ibu Hamil"

Berlangganan via Email